Jumat, 16 Desember 2016

Ke Karimunjawa tanpa agen wisata

Backpacker ke karimun jawa tanpa agen wisata dari jakarta

Assalamualaikum kawan kawan semua para backpacker. maaf kalo tulisan nya masih acak acakan maklum newby baru pertama nulis, hehehe:-)
Saya mau berbagi tentang perjalan selama 1 minggu tepat nya tgl 11 agustus 2016 s/d 17 agustus 2016 .kali aja diantara kalian ada yang berniat kesana bisa menjadi bahan pertimbangan .

Benar-benar pengalaman yang tidak akan terlupakan.
Singkat saja ya saya wisata kesana dengan teman bertiga, kami dari jakarta menaiki kereta ekonomi tawang jaya jurusan pasar senin-Semarang poncol jam 23.00 malam dengan harga tiket nya 120rb/org

Keadaan di dalam kereta lumayan rameh tapi gpp lah sambil berkenalan dengan orang-orang baru didalam kereta ,o iya di perjalanan  kereta nya gangguan lokomotif kami pun harus bersabar menunggu pengganti lokomotif nya ya sekitar 1,5jam kereta kembali berjalan ,hehehe ga terasa 8,5jam kami dikereta alhamdulillah akhir nya sampai juga kami di semarang poncol jam 07.30  :-)

Perjalanan kami lanjutkan dengan menaiki bus untuk menuju ke terminal terboyo sekitar 10 menit kamipun sampai terminal terboyo , o iya ongkos nya murah ko cuma 5rb/orang.

Singkat, dari terminal terboyo kami menaiki bus jurusan semarangjepara dengan ongkos 15rb/orang.awal nya si di dalam bus sepi tapi lama kelamaan kondisi nya berubah semakin rameh di dalam bus bahkan sumpek bgt tapi gpp dengan biaya 15rb ya maklum lah ,hehehehe nih gan penampakan nya di dalam bus

Sumpek lelah berdiri karena ga tega liat ibu ibu saya suruh duduk hdhehe….

Perjalanan nya skitar 2,5 jam alhamdulilah akhir nya kita sampai terminal jepara ,kami pun memutuskan istirahat sambil cari warung makan di sekitar terminal jepara ,

Selesai makan kami pun melanjutkan perjalana menuju pelabuhanKARTINI” kami memilih jalan kaki biar irit ongkos hehehe sebentar ko sekitar 20 menit kami jalan alhamdulillah  akhir nya sampai juga di pelabuhan sekitar jam 11 pagi.

Kamipun langsung menuju loket untuk membeli tiket , karena kami tidak mencari tahu jadwal keberangkatan kapal SIGINJAI, apes banget petugas bilang kapalSIGINJAI” sudah berangkat pukul 07.00 pagi ,yang belum berangkat hanya kapal ekspres dengan biaya 175rb/org woowww ,

Kamipun memutuskan untuk bermalam di pelabuhan Kartini karena kapal SIGINJAI haya pagi beroprasi ,
Sambil menunggu pagi kamipun bermain di pantai kartini yg letak nya tidak jauh dari pelabuhan jepara ,

, beruntung di halaman tempat pembelian tiket tersedia banyak kursi lumayan untuk meluruskan badan sambil tidur ayam, hehehe….

Tidak terasa kami bangun jam 3 pagi , satu-persatu orang berdatangan untuk membeli tiket dan kata petugas nya loket di buka jam 5, berhubung masih lama kami memutuskan mencari kopi n cemilan disekitar pelabuhan tenang saja warung disana ada ko yg buka 24 jam,

Selesai ngopi kami kembali menuju loket,sial baru jam 4.30 antrian sudah rameh

Alhamdulillah sekitar 1,5 jam kami mengantri akhir nya dapat juga tiket kapal nya , jujur yang membuat antrian lama itu para agen wisata karena mereka membeli tiket dengan jumlah yang banyak dan harus menuliskan nama-nama peserta nya , oiya harga tiket

KAPAL SIGINJAIRp.56 rb/orang.

Singkat kami langsung menuju kapal SIGINJAI untuk mencari posisi tempat duduk yang enak dan nyaman

Narsis dulu hehehe

Kamipun memilih duduk di atas dak kapal agar bisa melihat pemandangan, o iya banya turis asing juga ko,

Tepat jam 07.00 kapal pun jalan menuju KARIMUNJAWA perjalanan sekitar 6 jam,

Alhamdulillah kami pun sampai di karimunjawa jam 13.00

Sesampai nya di karimunjawa kami terpaku melihat keindahan hamparan air laut yg biru memanjakan mata nih (lebay)
Penampakan di sekitar pelabuhan Karimunjawa:) ...

Kami pun berlanjut mencari penginapan yg semurah mungkin kira2 sekitar 15menit dari pelabuhan kami berjalan membandingkan harga , akhir nya kita dapat penginapan murah Rp80rb/malam
Semacam homestay yg fasilitas biasa saja hanya ada 1kamar tidu dan kamar mandi ,cukup luas si untuk kami ber 3 ..
Untuk teman2 yg mau kesana di usahakan booking homestay ,karena pas hari-hari libur dipastikan penuh ..
Lanjut kamipun mencari makan siang di sekitaran tempat penginapan ,alhamdulillah untuk mencari makan disini sangat mudah dan murah,
Sehabis makan kamipun memutuskan untuk istirahat di homestay persiapan untuk jalan ke alun-alun karimunjawa ,
Pas pukul 18.30 kami bangun dari istirahat ,mandi , lanjut jalan ke alun2 ,ternyata wooow rameh bgt para pedagang cendra mata , kuliner , apa aja ada disana , kamipun memutuskan untuk minum kopi sambil mencicipi ikan bakar khas karimunjawa

tepat pukul 23.00 kami memutuskan kembali ke homestay istirahat untuk besok tracking ke bukit jokotuo n ke pantai BATU TOPENG....
Ga terasa udah jam 08.00 pagi alhamdulillah bisa tidur nyenyak lanjut mandi n mencari sarapan , o iya biaya makan disini sangat murah n harga kopi 1 gelas hanya 3000 Woow sangat murah untuk harga ditempat wisata .,
Selesai sarapan kita langsung menuju bukit jokotuo berhubung harga sewa motor karimunjawa lumayan mahal Rp.100rb ,kamipun memutuskan untuk jalan kaki hehehe maklum biar irit pengeluaran , ga terasa 30menit berjalan kita sampai di bukit jokotuo , melihat pemandangan indah hamparan laut berwarna biru dari bukit,

Setelah puas ber photo dibukit ,perjalanan kita lanjutkan menuju Pantai  BATU TOPENG wooow kira2 skitar 10km perjalanan menuju pantai topeng sungguh melelahkan sekali

alhamdulillah skitar 2jam kami berjalan akhir nya sampai juga di pantai topeng tepat jam 17.30
Benar2 indah sekali pantai berpasir putih ini , rasa lelah setelah melakukan perjalanan terbayar lunas dengan indah nya ini pantai :) walaupun telat melihat sunset (hehehe)

Setelah puas ber poto ria kami memutuskan untuk kembali ke homestay tidak terbayang kami harus berjalan lagi untuk menuju homestay ,,
Alhamdulillah nya ada sebuah mobil bak lewat dan kami pun coba memberanikan diri meminta tumpangan sampai alun alun ....
Sesampai di homestay kami lgsung istirahat sampai lupa makan malam karena kelelahan ,
Kami terbangun jam 09.00 pagi untuk melanjutkan ....

Sampai sini dulu ya , next time saya lanjutkan lagi tentang keseruan dan pertualangan di KARIMUN JAWA